08 June 2010

MENGAPA PERLU MEMILIKI BLOG?

by : Doanco
 
Sengaja saya menggunakan judul postingan seperti di atas. Karena pertanyaan tersebut sering ditanyakan beberapa teman-teman yang gamang dengan website atau blog. Apakah saya perlu memiliki blog? Apakah manfaatnya? Berikut ini beberapa catatan sebab utama memiliki blog.

1. MEMILIKI BLOG ADALAH TANPA BIAYA
Pernyataan diatas mungkin alasan yang sangat tak berdasar. Namun kenyataannya, jika kita sudah tersambung dengan internet maka blog bisa dibuat dengan tanpa bayar atau gratis. Blogg yang dibuat bisa lebih dari satu artinya bisa puluhan bahkan ratusan.
Bagaimana mungkin hal itu bisa terjadi? Jawabnya sangat mungkin. Karena di Internat bisa ditemukan layanan-layanan membuat secara gratis. Tidak perlu repot dengan desain banyak layanan yang menyediakan desain secara gratis seperti
* Blogger.com
* Blogskin.com
* Gecko & Fly
* skincorner.com 
* gosublogger.com
* themelib.com
* mashable.com
* bloggertricks.com
* blogcrowds.com

Ingin Bog lebih menarik dan lebih interaktif ada pemberi fasilitas guest book dapat diakses di signmyguestbook , pemberi fasilitas komentar dapat diakses di haloscan . Bahkan jika teman-teman membutuhan bantuan membuat blog dapat layangkan email ke komunitas blogger di http://groups.yahoo.com/group/blog-bugs dimana para blogger siap membantu.

2. MEMILIKI BLOG ADALAH MUDAH
Proses pembuatan blog adalah sangat mudah.  Sebagai contoh pembuatan blog di blogger.com hampir sama dengan proses pembuatan email gratisan seperti di yahoo atau gmail. Yang perlu dilakukan adalah mengisi beberapa informasi tentang diri teman-teman dan pilih desain. Dalam waktu singkat blog sudah kita miliki tanpa harus mengetahui tentang bahasa program (html atau CSS). Disarankan sedikit pengetahuan berbahasa Inggris sangat membantu dalam pembuatan blog.

3. BLOG COCOK UNTUK SIAPA SAJA

Karena kesederhanaan konsep maka siapa saja cocok untuk memiliki blog. Mungkin teman-teman adalah seorang programmer yang ingin menyimpan catatan-catatan dan link ke website-website mengenai programming. Seorang jurnalis dimana blog bisa dijadikan menyimpan catatan liputan. Calon penulis yang sedang berusaha mencari keunikan tulisan dan gayanya. Seorang penyair, sekretaris, pengusaha, pekerja kantoran, pendidik dsb. Blog cocok untuk siapa saja.

4. BLOG MEMBERIKAN SENSE OF PURPOSE

Memiliki blog memberikan rasa memiliki tujuan. Ini sangat berguna terutama jika teman-teman seringkali terjebak dengan rutinitas keseharian yang merasa kehilangan arah dan tujuan yang pasti.
Memiliki blog ada sesuatu yang diurus dan dipelihara. Sesuatu yang dijaga dan dilihat pertumbuhannya. Saat memiliki blog maka akan sering menemukan diri sendiri berpikir,apa yang akan saya tulis hari ini? apa yang akan saya tambakan? Mungkin perlu menata/mendesign tampilan blog atau mungkin ada teman yang memberikan komentar pada entry/postingan artikel blog yang terakhir. Jadi ringkasnya blog perlu diberi makan dengan tulisan-tulisan artikel yang terupdate.

5. MEMILIKI BLOG MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR

Ada ungkapan umum yang berkata, rencana bukanlah rencana jika masih ada di kepala. Rencana menjadi rencana ketika menuliskannya.
Dengan memiliki blog dan mengisinya dengan rutin maka membiasakan diri untuk memformulasikan apa yang ditulis. Dengan cara ini melatih dan membiasakan diri untuk membangn struktur pemikiran dengan baik agar orang lain mengerti apa yang ingin disampaikan.
Tak ada syarat bahwa seorang blogger haruslah seorang penulis besar, tetapi dengan banyak latihan dan membiasakan diri berpikir dan mengkomunikasikannya, bukanlah tak mungkin akan banyak penulis besar dan ternama lahir dari kebiasaan menulis di blog.

6. BLOG MEMBEBASKAN BERBAGI & BEREKSPRESI
Di blog bebas melakukan apa saja. Apapun yang dirasa, sedih, kesal, senang, bahagia, putus cinta, ditinggal pergi, meninggalkan pergi, semuanya bisa dibagi dan diekspresikan di blog yang dimiliki.

7. KOMUNITAS BLOGGER
Seiring dengan kepribadian sebuah Blog, para Blogger atau editor dari sebuah Blog umumnya menerima pula kontribusi-kontribusi link unik dari para penikmat Blog-nya. Beberapa website Blog juga menerima feedback terhadap opini dan komentar dari link suatu artikel atau suatu isu yang dimuat. Karenanya pula blog bersifat interaktif dan membentuk komunitas-komunitas yang saling memberi link pada Blog mereka satu sama lain.

8. BLOG ADALAH "THE NEW MEDIA" DI INTERNET
Setelah dimulai sejak akhir tahun 90'an lalu dipicu oleh adanya layanan memiliki blog gratis seperti blogger.com. Sedikit demi sedikit menjadi media alternatif baru yang diperhitungkan.
Perdebatan tentang apakah blog dapat menggantikan media-media massa mapan masih terus berlangsung, sedang di media mapan itu sendiri setiap minggu selalu ada artikel baru yang membahas tentang blog dan perkembangannya.
Dari bentuk awalnya, blog telah berkembang sedemikian rupa. Di Internet sekarang dapat menemukan PhotoBlog, AudioBlog, MusicBlog, dsb. Memiliki blog karenanya akan menjadi identitas diri yang dibagi di internet. 
Jika email adalah kotak pos di internet, maka blog adalah gabungan dari rumah, ruang publik, buku catatan, diary dan cermin dari diri sendiri di internet.

No comments:

Post a Comment