14 January 2010

KEKUATAN NYALA API CINTA (untukmu yang kutemukan)

Ketika sedang berjalan di bengkel Mesin tempat kerjaku, sejenak kuperhatikan anak2 sedang melakukan kegiatan untuk mengolah bahan prakteknya. Kemudian teringat cerita seseorang dengan alat kerjanya. "Dalam pengembaraannya Kapak, Gergaji, Palu, dan Nyala Api berhenti di suatu tempat. Berhentinya mereka karena ada sepotong besi baja yang melintang di tengah jalan sehingga menghalangi perjalanannya. Dengan kekuatan yang dimiliki, masing-masing berusaha untuk menyikirkan baja yang melintang tersebut. Giliran pertama Kapak dengan yakinnya berkata pada rekannya. "Aku mampu singkirkan baja melitang ini!". Akan tetapi apa lacur setiap ayunan bacokannya tidaklah seperti yang dikatannya. Akhirnya dia berhenti mengayunkan bacokannya karena kapak itu menjadi tumpul.

Giliran kedua dengan sigapnya Gergaji mengganti Kapak untuk berusaha menyingkiran batang baja yang melintang. Dengan semangat dia memulai menggergaji dengan gigi-giginya yang tajam. Namun dengan perasaan kecewa dia berhenti pula menggergaji, karena giginya menjadi tumpul.

Giliran ketiga Palu. Juga mengalami sedih karena dia tak mampu berbuat banyak dengan palunya untuk menyingkirkan baja melintang itu. Yang diperoleh adalah setiap ayunan Palunya memukul, kepala palu terpental sendiri. Dan baja tetap tak bergeming dari tempatnya.

Giliran terakhir Nyala Api tanpa berbicara dia langsung mengambil bagiannya, yaitu dengan lemah lembuat melingkarkan diri pada sebatang baja dengan lembut menggeluti, mendekap dan memeluknya erat-erat tanpa melepaskan baja melintang itu. Baja tersebut meleleh cair.

Cerita diatas adalah sebuah rekaan yang dapat dipetik sebuah pelajaran sebagai renungan bahwa banyak diantara kita memiliki hati yang keras untuk melawan kekuatan kemurkaan dan amukan kemarahan yang demi mempertaruhkan sebuah harga diri. Yang diperolehnya adalah kegagalan. Akan tetapi dengan kekuatan Nyala Api Cinta Kasih semua itu dapat diselaikan.

Betapa begitu luar biasa - arif dan lagi bijaksananya dalam sebuah kelembutan dan kehangatan Nyala Api mampu mencairkan hati yang dingin.

No comments:

Post a Comment