01 June 2010

WEB BLOG

Pada awalnya, Internet hanya dimaksud semata-mata sebagai media komunikasi data. Seiring dengan jalannya waktu, banyak orang mulai menyadari kekuatan yang bisa di manfaatkan dari Internet. Internet telah menjadi media publik alternatif dari media cetak. Sekarang, seseorang dapat menuangkan ide dan gagasannya ke dalam bentuk tulisan sehingga publik bisa membaca karya orang lain. Apabila anda memiliki begitu banyak karya tulis maupun karya seni, atau karya apapun yang Anda ingin banyak orang mengenal dan tahu tentang karya Anda tersebut, anda bisa mempublikasikannya ke dalam media internet.

Apakah Blog itu ?
Istilah blog pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada tpada bulan Desember 1997.  Dimana Jorn Barger menggunakan weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu di-update secara kontinyu dab berisi link-link  ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.

Blog kemudian berkembang mencari bentuk sesuai dengan kemauan para pembuatnya atau para blogger. Blog yang pada mulanya  merupakan "catatan perjalanan" seseorang di internet, yaitu link ke website yang dikunjungi dan dianggap menarik, kemudian menjadi jauh lebih menarik daripada sebuah daftar link. Hal ani disebabkan karena para blogger biasanya juga tak lupa   menyematkan komentar-komentar, pendapat-pendapat pribadi dan bahkan mengekspresikan sarkasme mereka pada link yang mereka buat.

Dari komentar-komentar tadi biasanya blog kemudian menjadi jendela yang memungkinkan kita "mengintip" isi kepala dan kehidupan sehari-hari dari penciptanya.  Blog adalah cara mudah untuk mengenal kepribadian seseorang blogger. Topik apa yang disukai dan yang tak disukai, apa yang dipikirkan terhadap link-link yang dia pilih, apa tanggapannya pada suatu isu. Biasanya tergambar jelas dari blognya. Karenanya blog bersifat personal.


Kemudian di bulan Juli 1999 situs Pitas menciptakan layanan blog online dan gratis di www.pitas.com. Sebulan kemudian, yaitu di bulan Juli 1999 sebuah perusahaan di San Franscisco bernama Pyra Lab (www.pyra.com) meluncurkan layanan Blogger (www.blogger.com) yang hingga saat ini menjadi salah satu layanan blogger terbesar yang ada di internet. Blog adalah penyebutan singkat  dari kata ”weblog”, yaitu suatu istilah yang digunakan untuk menyebut situs web yang selalu diperbaharui isinya secara terus menerus. Pada dasarnya blog merupakan situs web biasa yang dikembangkan lebih lanjut dan memiliki fasilitas database tertentu. Dengan demikian pengelolanya dapat mengatur sajian halaman web secara cepat dan mudah. Karena itu blog dapat didifinisikan sebagai situs web yang berisi teks dokumen, gambar, obyek media, dan data yang tersusun secara hierarki dan menurut kronologi tertentu.

Sebuah blog biasanya berisi informasi yang ditulis secara kronologis dan selalu diperbaharui, sehingga memiliki sifat seperti buku harian dalam versi online. Karena sifatnya yang online, maka siapapun dapat membacanya. Bahkan tidak itu saja, pengelolaan blog biasanya juga menyediakan fitur penulisan komentar bagi pengunjung blognya, khususnya komentar yang berkaitan dengan artikel atau informasi yang ditulis di dalam blog tersebut. Informasi yang ditulis dalam blog sangatlah bervariasi, mulai dari kehidupan pribadi seseorang, hingga masalah-masalah politik. Fokusnya bisa bermacam-macam, ada yang terfokus kepada hal-hal khusus, tetapi ada pula yang tak membatasi subyek penulisan.

Banyak blog yang mengkhususkan pada topik yang khusus, seperti pendidikan, pariwisata, teknologi dan kuliner. Beberapa blog bersifat umum, menyajikan link ke situs web lain. Kebanyakan blog berupa catatan harian pribadi, yaitu menyajikan kehidupan keseharian dari sang pemilik blog, maupun gagasan pemikirannya. Salah satu contoh blog dapat dilihat seperti di bawah ini.

Aktivitas blog sering disebut dengan istilah bloging. Sedangkan individu-individu yangyang menjalankan situs Blog, disebut dengan nama Blogger. Dengan adanya otoritas individu di dalam pengelolaan Blog  maka blogpun berkembang mencari bentuk sesuai dengan kemauan pembuatnya. Perkembangan kemajuan blog dapat terlihat dari adanya interaksi dari pengunjung Blog tersebut melalui komentar-komentar menarik, atau mengemukan pendapat-pendapatnya pada link yang mereka buat. Jadi semakin banyak dikunjungi bognya semakin banyak orang tahu tentang blog tersebut engan kata lain blog tersebut semakin populer.

Pertanyaan yang sering terlontar pada banyak orang, adalah apa yang dilakukan orang ketika mendatangi blog? Sangat bervariasi alasan-alasan yang diberikan, antara lain :
  • Mengenal blog
  • Mengenal suasana blog dari kombinasi pemiliknya
  • Mengetahui desain dan posting blog
  • Membaca posting-posting
  • Memberikan komentar-komentar 
  • Dan sebagainya
Sebuah blog biasanya terdiri dari halaman depan yang berisikan entri-entri artikel paling baru dan halaman-halaman untuk masing-masing entri dari blog. Untuk gambar-gambar dan file-fle lainnya dapat dihosting di tempat lain seperti Picasa, Flickr, Youtube dan lain-lain.

No comments:

Post a Comment